Al istiqomah Khairun Min Alfi Kharomah


ISTIQOMAH

Banyak yg bilang dan mengucapkan kata "istiqomah" tapi hanya sebatas ucapan dilisan saja.

Alfaqir mendapatkan dan pemahaman tentang  kata kata tsb selalu berpikir kenapa "ISTIQOMAH LEBIH BAIK DARI 1000 KHAROMAH..Al istiqomah Khairun Min Alfi Kharomah" .

Yang alfaqir fahami dahulu istilah ISTIQOMAH adalah aktifitas rutin yg dikerjakan. Contoh Makan,  Minum, Mandi, Sholat,Tidur dll yg biasa kita lakukan setiap harinya. Tapi kenapa kok bisa lebih baik dari KHAROMAH?
itu pertanyaan yg selalu masuk tiba² dlm benak alfaqir.

Tatkala dimasa Nabiallah  Sulaiman AS..saat seekor burung yg protes kepada beliau karena telur dan tidak jarang pula anak²nya yg masih kecilpun ikut hilang. Hingga Nabiallah memerintahkan dua jin utk menjaga sarang si burung. Namun bulan berikutnya si burung kembali dan mengadukan hal yg sama yaitu telur²nya telah hilang lagi. 

Lalu Nabiallah memanggil jin yg ditugaskan menjaga pohon dimana siburung bersarang. Nabiallah bertanya kenapa telur si burung tetap hilang padahal sudah diperintahkan dijaga. "Wahai Raja bagaimana kami bisa menarik kaki anak tersebut, disaat ia memanjat pohon..setiap kami mau mendekat si anak..tubuh kami terpental dan ketika kami mengulang kembali kamipun masih terpental hingga kami berpikir bahwa anak tsb seorang yg sakti sehingga kami tdk bisa mendekatinya", jelas jin kapada nabiallah.

Nabiallah pun berpikir bagaimana mungkin ini anak kecil memiliki kesaktian?..ataukah ia adalah nabi setelah aku?. Lalu dipanggilah anak tsb bersama kedua orangtuanya.

"Wahai fulan..doa apa yg engkau pakai hingga engkau tdk bisa didekati jin prajuritku?..apakah engkau adalah nabi setelah aku nantinya?", kata nabiallah bertanya.

Dengan lemah lembut dan sedikit bingung si anak menjawab "La (tidak) wahai raja..hamba hanyalah anak kecil biasa", jelas si anak. "Lalu amalan apa yg biasa engkau lakukan setiap harinya?", tanya nabiallah."Wahai Raja setiap pagi ketika akan main keluar rumah, saya selalu dibekali 2 potong roti oleh ibu saya.. yg 1 roti saya makan dan yg 1 roti lagi saya berikan ke orang yg kelaparan.. dan itu saya lakukan setiap harinya".

Tiba² Nabiallah tersenyum dan menyuruh si anak bersama orangtuanya pulang dg memberikan hadiah terlebih dahulu. Lalu Nabiallah memanggil si burung dan berkata "Wahai burung mulai hari ini bersaranglah engkau ditempat yg tdk dilalui anak kecil itu". 

Dan nabiallah menjelaskan bahwa amalan anak kecil itulah yg menjadikan anak tsb tdk bisa dipegang atau didekati jin prajuritnya atau terhindar dari bala musibah.

Kok Bisa?...
Kalau KHAROMAH kita samakan persepsinya adalah KEISTIMEWAAN jelaslah, bahwasanya anak kecil itu telah membuat KHAROMAH (KEISTIMEWAAN) nya sendiri yaitu memberikan sebagian makanan paginya kepada yg kelaparan..dan hal itu dilakukanya dg ISTIQOMAH (tidak putus putus ) setiap harinya. 

Mungkin kita bukan Nabi jadi pada diri kita tdk adanya MUKJIZAT..dan kita bukan juga wali jadi tidak adanya MAUNAH pada diri kita..tapi KHAROMAH insya'allah siapapun bisa memilikinya "Man Djada WaDjada" siapa yang bersungguh pasti mendapatkanya".

Kharomah disini bukan artinya ketika antum kehujanan tidaklah menjadi basah..atau antum bisa jalan didinding seperti cicak..atau disaat antum membuka tangan ada cahaya yg bersinar. Kalaupun hal seperti itu seseorang mampu melakukanya itu artinya ia seorang Nabi atau Wali..tapi kalau ia bukan keduanya, itu adalah SIHIR..tapi balik lagi kita bertanya apakah ada nabi setelah nabi Muhammad SAW? Wallahua'lam bisowab

"KHAROMAH" disini adalah "KELEBIHAN" atau "KEISTIMEWAAN" yaitu Suatu amalan atau perbuatan (ibadah kepada Allah SWT) yg dilakukan berkelanjutan akan tetapi tdk diketahui oleh orang lain..Lillahita'allah

الهى انت مقصودورضاك مطلوبي

Oleh
MRB




Postingan populer dari blog ini

Kamu Muslim

AL-HIKMAH ITU