ANTARA ILMU dan AMAL

 


Habibana pernah kalam Ada 2 petani yaitu petani A dan B. Petani A kalau bicara tentang pupuk bukan main pintar dan seakan akan dirinya adalah seorang yg Ahli. Kalau ditanya pupuk untuk pohon rambutan maka ia jawab ini, kalau pupuk untuk pohon durian ia jawab itu, apapun kalau pembahasan mengenai pupuk semuanya ia tau, karena ia memang bercocok tanam lebih dari satu, namun sayangnya dari yg ia tanam tidak ada hasil2nya. Dari pohon rambutan yg pernah ia tanam lalu beralih utk tanam pohon durian dan beralih menaman apel dan begitulah seterusnya, ia hanya mencoba dari jenis buah yg satu ke buah lainnya. Lain halnya dg Petani kedua kita sebut Petani B, ia hanya menanam buah Pepaya. Dan Pupuknyapun hanyalah dari air selokan yg disiramkan ke batang Pepayanya.

Tatkala Petani A di tanya.."Sudahkah  antum merasakan hasil dari apa yg antum tanam?", Petani A menjawab dg isyarat menggelengkan kepalanya, yg bertanda ia belum merasakannya. Kemudian yg bertanya kembali menanyakan hal yg sama pada Petani B  "Sudakah antum merasakan apa yg antum tanam?". Petani B menjawab "Alhamdulillah dari hasil pepaya itu juga saya bisa memberi anak istri makan, bisa membiayai anak anak saya bersekolah, dan tetangga2 yg lainpun  bilamana saya panen buah pepaya pasti merasakan hasil buah dari pepaya yg saya tanam."

Kini kembali kepada antum yg cerdas, jika antum ditanyapun pasti tau jawabanya, "Diantara kedua Petani A dan Petani B, Petani manakah yang beruntung?"

Bilamana tanaman diatas kita ilustrasikan sebagai keilmuan. Sangking banyaknya belajar keilmuan.. namun belum pernah merasakan manfaat keilmuan, baik utk diri sendiri, anak dan istri bahkan orang lain apa hasil dari yg ia pelajari.

Mudah2an dg sedikit ilmu yg kita pelajari bisa bermanfaat bagi diri, keluarga ataupun orang banyak..

Tidak perlu Belajar Keilmuan hanya utk jadi HEBAT..tapi cukuplah Belajar keilmuan untuk dapatkan hasil atau MANFAAT.

"Ber ILMU Namun Tak Ber AMAL itu boleh dan syah syah saja, Tapi orang tersebut bagaikan pohon yg tak berbuah. Ber AMAL Namun Tak Ber ILMU itu sama saja orang GILA"

Jakarta Desember 2018

By MRB

Postingan populer dari blog ini

Kamu Muslim

AL-HIKMAH ITU